Senin, 14 Oktober 2013

Artikel Robert Steven : Pentingnya elemen display seni bonsai

Bonsai karya Tony Tickle dari Inggris di pameran EBA...

Image


Ini adalah contoh konkret mengenai pentingnya wadah tanam serta elemen display dalam seni bonsai yang sering saya bahas atau kritik.

Coba bandingkan dengan salah satu bonsai di pameran kita. Bonsai yg mana yg lebih bagus, dan bonsai yg mana yg mempunyai nilai seni yg lebih tinggi ?

Image


Apakah kita tetap beranggapan bahwa kwalitas bonsai tetap yg terpenting dan elemen lain bisa diabaikan ? Menurut saya, kwalitas dan nilai sebuah karya bonsai bukan saja pada pohon, tetapi penampilan secara keseluruhan secara harmonis...

Pertanyaan, bila kedua bonsai tersebut ditampilkan bersamaan pada satu kontes, yg mana yg akan anda berikan nilai lebih tinggi ?

Sekedar renungan untuk kita semua...

___________________________________________________________________________________

Coba lihat di bawah ini, saya mencoba membuat simulasi dengan pohon yg sama, tetapi diganti potnya dan tata display yg berbeda saat pameran..Bagaimana pendapat anda sekarang ?

Image


Image

 __________________________________________________________________________________

 Sekedar perbandingan bahwa beberapa negara tetangga kita juga sudah sangat mengerti dan menghargai elemen display saat pameran, termasuk negara-negara yg kita anggap bonsai mereka masih di bawah kita...

Yang penting bukan saja kesadaran anggota peserta, tetapi kesadaran penyelenggara..

Thailand :

Image


Vietnam :

Image


Filipina :

Image


Singapore :

Image


India :

Image


Malaysia :

Image


Taiwan :

Image


...dan, maaf...Indonesia :

Image


Sudah ada sebagian anggota prserta kita yg sudah mengerti dan melakukannya, tetapi sayang justru panitia yg belum mengerti cara apresiasinya.
Mudah-mudahan ini adalah cambuk untuk kita semua, supaya jangan sampai mutu bonsai kita yg begitu bagus tidak diapresiasi secara memadai.



Artikel ini ditulis oleh Robert Steven di Forum Hobby Indonesia

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...