Kamis, 26 Mei 2011

Serut




















Nama ilmiahnya streblus asper, masih termasuk famili moraceae atau suku nangka nangkaan. Masih termasuk tumbuhan perdu atau pohon kecil, daunnya  jika diraba bertekstur kasar seperti amplas halus.

Nama internasional bagi pohon ini adalah pokok kesinai, Sandpaper tree, kalios, siamese rough bush, khoi, toothbrush tree.

Daerah asal dan penyebaran pohon ini meliputi Indonesia, Malaysia, Thailand, Vietnam dan India.


Scientific classification
Kingdom:Plantae
(unranked):Angiosperms
(unranked):Eudicots
(unranked):Rosids
Order:Rosales
Family:Moraceae
Tribe:Moreae
Genus:Streblus
Species:S. asper
Binomial name
Streblus asper

6 komentar:

  1. Salam Om.

    Saya takjub liat blog ini berisi dengan berbagai info tentang bonsai, sebagai pemula saya ingin bertanya om:
    1. perbedaan antara pohon serut & hokiantea, karena saya punya bahan bonsai ke2 pohon tersebut. saya liat daunnya mirip sekali om, ada juga yang pernah bilang sama saya bahwa hokiantea & serut adalah 2pohon yang sama saja cuma berbeda negara asalnya. tolong dijawab ya om...
    2. ada seorang pemerhati lingkungan hidup pernah memaparkan statement "jangan pernah rusak lingkungan alam hutan dengan menggali pohon" untuk dijadikan bonsai dirumah" nah menurut om bagaimana?

    trims om.....

    BalasHapus
    Balasan
    1. hhehe, mas klinik bike ini bisa aja, sama, saya juga pemula, pertanyaannya sama ya ama yang di posting hokiantea, jadi silahkan lihat jawaban saya di sana, semoga jawabannya memuaskan

      http://bonsaiar41.blogspot.com/2010/05/hokkian-tea.html?showComment=1347978940863#c8655838907775601638

      makasih udah mampir, bagi bagi dong foto bonsai nya, pasti manteb manteb ya

      Hapus
    2. heheheh....nanti saya share ya mas Ari. belum saya fotoin masih dikebun. lumayan saya juga mulai beternak bakalan bonsai mas

      Hapus
    3. okay okay, semoga sukses dan selalu hijau kebunnya, mari kita hijaukan negeri tercinta ini dengan dimulai dari diri sendiri

      Hapus
  2. asalamualaiqum mas ari,,salam kenal .
    saya yg baru mengenal bonsai merasa tertolong dengan adanya blog mas ari ini..
    terimakasih banyak mas ari.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah kalo posting nya bermanfaat.

      Sama sama mas

      Hapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...