Senin, 21 Oktober 2013

Artikel Robert Steven : Goshin, karya legendaris John Y. Naka

Saya yakin hampir semua dari kita tahu siapa John Yoshio Naka, salah satu tokoh bonsai yg paling terkenal di dunia; tetapi ada berapa yg tahu dan pernah melihat karya master piece beliao yg sangat legendaris ?

Goshin (Spirit Protector) yang berarti “Pelindung Jiwa”. Ini adalah karya terbesar John Y. Naka yg mulai dibuat sejak Thn. 1948, kemudian mengalami beberapa kali perobahan sampai terlihat seperti foto ini.

Image

Goshin dibuat dengan species Foemina junipers dalam gaya forest berjumlah 11 pohon, sebagai simbol jumlah cucu John Y. Naka. Saat dibuat pada Thn. 1948, jumlahnya hanya 2 pohon dalam gaya twin. Baru pada thn. 1964, beliau gabungkan dengan pohon lain dalam gaya forest yang berjumlah 7 pohon; karena saat itu, jumlah cucu John Y. Naka ada tujuh. Lalu dirobah lagi menjadi 11 pohon pada Thn. 1973 karena saat itu beliau telah memiliki 11 cucu.

Image

Pada Thn. 1984, Goshin, salah satu karya bonsai yg tercatat paling banyak pernah dilihat orang, disumbangkan kepada National Bonsai Foundation, lalu di-display di United States National Arboretum di Washington DC, Amerika, tepatnya di North American Pavilion of the National Bonsai & Penjing Museum yg dibangun untuk mengenang dan menghormati beliau.

Image

Karya lain yg juga sangat terkenal dan di-display di tempat tsb adalah Goshin-2 :

Image

John Yoshio Naka, lahir pada tgl. 16 Agustus 1914, meninggal pada tgl. 19 Mei 2004 dalam usia 90 tahun. Beliau adalah seorang guru bonsai sejati yang penuh dedikasi dan sumbangsih beliau terhadap perkembangan perbonsaian dunia adalah tidak ternilai.

Image

Image



Artikel ini ditulis oleh Robert Steven di Forum Hobby Indonesia

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...