Rabu, 05 Mei 2010

Hokkian tea















Bernama ilmiah Carmona microphylla yang juga sinonim dengan Carmona retusa, Ehretia Microphylla dan ehretia buxifolia, masih termasuk dalam marga boraginaceae. Orang barat juga sering menyebutnya Fukien tea.

Tanaman ini menyebar luas dari timur dan tenggara asia, meliputi India, Indochina, selatan China, Taiwan, Jepang, Australia, hawaii, sampai kepulauan Solomon.


Scientific classification
Kingdom:Plantae
(unranked):Angiosperms
(unranked):Eudicots
(unranked):Asterids
Order:(unplaced)
Family:Boraginaceae
Subfamily:Boraginoideae
Genus:Carmona
Species:C. retusa
Binomial name
Carmona retusa

6 komentar:

  1. salam....
    senang sekali saya bisa menulis di blog bapa ini akhirnya, setelah saya amati. Ada beberapa pertanyaan yang ingin saya tanyakan:
    1. Apa perbedaan yang sangat signifikan antara pohon serut dan hokiantea? "soalnya saya punya bahan bonsai serut & hokiantea ketika tumbuh tunas daun nya mirip sekali kasar berbulu,bergerigi begian depan daunnya, ada yang bilang kalo serut&hokiantea adalah pohon yang sama cuma beda negara asal"....jadi bingung juga pa.
    2. Ada beberapa pemerhati lingkungan berkata kepada saya, "jangan pernah cari bahan bonsai dari alam liar karena itu merusak alam tentunya".....bagaimana menurut bapak apakah berburu bahan bonsai galian merusak alam?
    mohon dijawab, trims pa....salam "penggiat bonsai baru"..hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. salam mas, salam kenal dan semoga sehat selalu..panggilnya mas aja ya, hehehe saya masih muda lho, hahaha

      untuk pertanyaan pertama, setahu saya, dari family nya aja udah beda, serut berasal dari family moraceae, sedangkan hokiantea dari family boraginaceae, berarti kesimpulannya ya sudah pasti ga ada hubungan sodara khan ...???

      untuk yang kedua, bisa iya bisa tidak, semisal, ditaman nasional baluran, tanaman arabika merupakan tanaman invasif, mau digali ato tidak, tanaman ini pasti di basmi oleh yang berwenang, sayang khan ??, atau jika kita mengambil loa atau beringin yang menempel di dinding selokan, saya rasa tidak apa2, karena juga bukan tipe tanaman langka, beda halnya jika seperti para pemburu santigi yang membabi buta sampai menghancurkan ekosistem pinggir pantai, itu yang harus kita hindari, saya lebih banyak membudidayakan dari bibit, sebagai hobby, rasanya lebih puas jika bisa melihat " bayi2 " itu tumbuh besar dan cantik, walaupun memang prosesnya lama, tapi ingat, esensi dari bonsai itu sendiri adalah melatih kesabaran,..

      semoga jawaban saya bisa memuaskan ya, saya juga masih belajar, belum punya bonsai yang yahud, jadi mari kita belajar sama2, saling berbagi cerita tentang bonsai yang kita cintai

      Hapus
  2. terimakasih mas, saya juga sedang memulai membuka lahan kebun bonsai. kecil-kecilan mas....mudah-mudahan kita bisa terus bersilaturahmi mas. no hp saya 085659334364 dicky

    BalasHapus
  3. Bisakah lantana distek dengan sancang

    BalasHapus
  4. Bisakah lantana distek dengan sancang

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...