Jumat, 13 September 2013

Cuci mata di bangkok part 3 : saatnya membawa kenang - kenangan pulang


Akhirnya waktunya pulang. Tak terasa sudah sepuluh hari yang menyenangkan saya habiskan di bangkok. Saatnya buat packing, dan tak lupa saya packing oleh oleh dari torkor, anting putri daun mikro dan beberapa bibit bodhi serta spesies ficus yang saya belum tahu nama sebutannya, yang saya kumpulkan dari sekeliling hotel.



Saya pisahkan tanaman ini dari tanah bawaannya, mengurangi volume akar, lalu mencuci bersih, hingga tak ada sisa tanah yang menempel. Setelah diangin anginkan sebentar, lalu saya bungkus rapat dengan tissue toilet. Sesudah itu baru dibungkus plastik dan masuk koper.



Saya sudah sukses melakukan hal yang sama setahun lalu di malaysia, sempat deg degan juga sih waktu masuk ke bandara, apalagi melewati pemeriksaan imigrasi. Alhamdulillah, baik di bangkok maupun di jakarta, bagasi saya aman terkendali.

Mungkin tips yang bisa saya berikan buat sobat semua yang mau membawa tanaman ke dalam pesawat, jangan membawa tanaman dalam jumlah dan ukuran yang terlalu besar. Dan pastikan tanaman yang kita bawa, bersih tanpa tanah, lalu paking dengan rapi.

Jika sobat membawa dalam ukuran besar dan banyak, pastilah harus melewati jalur merah yang penuh prosedur.

Sampai posting ini saya tulis, tanaman tanaman ini masih dalam proses adaptasi di lingkungan barunya, tapi tanpa kendala yang berarti. Semuanya tampak sehat dan sudah mulai bertunas.

Nanti kapan kapan saya update foto terbarunya.


Posting sebelumnya :

Cuci mata di bangkok part 1 : chatuchak plants market
Cuci mata di bangkok part 2 : ngiler bonsai di kamphaeng phet road
Cuci mata di bangkok part 3 : jeprat jepret di tor kor

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...