Kamis, 19 September 2013

Kloning pertama bodhi dari negeri jiran

Sudah setahun lebih sejak perjalanan saya ke negeri tetangga malaysia yang telah lalu. Dimana, saya membawa beberapa cabutan pohon bodhi sebagai buah tangan, yang akan mengingatkan kembali pada salah satu kenangan indah dalam perjalanan hidup saya.

Setahun yang lalu, saya tempatkan bodhi bodhi kecil ini di pekarangan secara acak. Dan salah satunya mengalami pertumbuhan yang sangat pesat, karena perakarannya menembus bebas kedalam tanah.

Bodhi yang setahun lalu hanya sebesar kelingking ini, sekarang berdiameter kurang lebih sebesar batu baterai ukuran besar, dengan tinggi lebih dari dua meter, dedaunannya yang berbentuk simbol cinta, tampak menonjol di pekarangan saya.

Karakter daun bodhi tidak bisa mengecil secara ekstrim, jadi kurang cocok untuk dibuat bonsai ukuran kecil. Jadi sambil menunggu bonggol bodhi ini membesar secara proporsional, saya melakukan prosedur cangkok untuk mendapatkan bahan bonsai yang bagus perakarannya. Lagipula, sayang jika hanya dipangkasin saja, mubazir.





  




 Alhamdulillah, perakaran hasil cangkokannya rata menyebar disekeliling batang, Insyaallah akan menjadi bonsai yang gagah di masa depan. Karena stok pot habis, terpaksa si bodhi ini nangkring di kaleng rombeng bekas biskuit lebaran yang sudah tak terpakai, hehehe....

Nantikan catatan cangkokan bodhi ini di waktu yang akan datang, Insyaallah..............

2 komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...