Senin, 07 Januari 2013

Belajar memahami estetika bonsai ( bag 4 )


















PEDOMAN UMUM ESTETIKA

Karakteristik karakteristik seperti berikut ini yang diinginkan dalam tradisi bonsai jepang dan gaya lain dari seni menanam pohon dalam pot, misalnya :

Gravitas

Gravitas adalah ciri dan sifat yang meliputi semua poin dari estetika. Ini adalah sense atau rasa tentang berat fisik, ilusi massa, penampilan kematangan atau usia lanjut, dan kualitas yang sulit dipahami mengenai gengsi dan martabat. Banyak dari aturan formal bonsai membantu pebonsai membuat pohon yang mengungkapkan wabi / sabi atau, atau menggambarkan suatu aspek kesadaran dari mono no.


Miniaturisasi

Menurut definisinya, bonsai adalah sebuah pohon yang ditanam dan dirawat untuk tetap kerdil dan berpenampilan pohon dewasa dalam wadah atau pot. Bonsai dapat diklasifikasikan sesuai ukuran, misalnya mame yang idealnya kurang dari 10 cm dan dapat dipegang dalam telapak tangan, shohin sekitar 25 cm, sementara bonsai lainnya berukuran lebih besar dan tidak dapat dengan mudah untuk dipindahkan. Untuk alasan praktis dan estetika, pedoman yang diuraikan disini umunmya paling efektif dan paling sering diterapkan untuk bonsai ukuran besar, sementara itu, spesimen terkecil dari bonsai mungkin memenuhi aturan lain selain "pohon miniatur" dan "ditanam di wadah".

lignifikasi

Hal ini mengacu pada cara meningkatkan "ke kayu an" dari batang bonsai dan cabang sehingga mereka memiliki penampilan yang matang. Ini biasanya berarti permukaan kulit didorong untuk menjadi kasar dan berwarna gelap. Dalam beberapa kasus teknik estetika akan bervariasi, seperti jenis pohon bonsai birch spesimen dewasa yang kulit kayunya berwarna putih.

Asimetri

Estetika bonsai mencegah simetri yang ketat di cabang dan penempatan akar. Simetri radial hampir selalu rusak oleh kebutuhan untuk " tampak depan " yang jelas, yang memperlihatkan batang pohon dan cabang utama. Sisi kiri, kanan, dan punggung akan memiliki cabang lebih daripada depan. Simetri bilateral ( Kiri-kanan ) pada batang juga dianjurkan, dan desainer bonsai bekerja pada cabang alternatif antara bagian-bagian kiri, kanan, dan belakang pohon tanpa pernah menempatkan dua cabang pada ketinggian yang sama atau memperpanjang jarak antara dua cabang  yang sama jauh dari batang.

Pengurangan daun

Pengurangan daun, selain juga berkaitan dengan proses miniaturisasi di atas, tetapi juga adalah sesuatu yang bervariasi selama siklus hidup bonsai tertentu. Misalnya, daun bonsai yang mungkin akan dibiarkan mencapai ukuran penuh selama bertahun tahun untuk mendorong pertumbuhan batang, akar dan cabang. Pengurangan daun biasanya diinginkan dan dilaksanakan sebelum bonsai dipamerkan. Pengurangan daun bisa dicapai lewat pemangkasan dan kadang dicapai dengan defoliasi / pemangkasan total pada dedaunan bonsai selama satu bagian dari musim yang berkembang. Jenis tanaman berdaun jarum / konifer lebih sulit dikurangi dibandingkan deaunan jenis lainnya.

Nebari

Nebari adalah penyebaran akar yang terlihat dipermukaan atas dari media tumbuh bonsai. Nebari membantu bonsai tampak membumi dan menancap kokoh, juga membuatnya terlihat matang, selayaknya pohon berukuran penuh dan dewasa.

Ramifikasi / percabangan

Percabangan adalah pemisahan cabang dan ranting menjadi lebih kecil dan rapat. Hal ini didorong oleh pemangkasan dan dapat pula diintegrasikan dengan praktek pengurangan daun.


Seniman bonsai terkadang membuat karya bonsai dengan menekankan pada penampilan kayu mati. Bisa dengan menampilkan cabang mati, bahkan pula hampir semua bagian pohon. Dua gaya tertentu dari kayu mati yang populer adalah jin dan shari

Curvature / lengkungan

Lengkungan atau liukan batang atau cabang adalah tujuan lain yang bersifat opsional. Bonsai dapat mencapai sense atau rasa kematangan usia namun tetap lurus dan tegak, tetapi banyak bonsai mengandalkan lengkungan atau liukan dari batang untuk membangun dan memperkuat ilusi berat badan dan usia. Kelengkungan dari batang yang terjadi antara akar dan cabang terendah dikenal sebagai tachiagari. Cabang yang melengkung atau bengkok juga membantu kebutuhan desainer akan " ruang positif ", dan untuk memisahkan cabang cabang kecil sehingga mereka tidak saling silang atau bertabrakan.

bersambung............

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...