Jumat, 18 Januari 2013

catatan berburu bonsai : kepincut beringin korea di tukang kembang

Jakarta banjir sobat, sudah dua hari ini ga masuk kerja, daripada pusing meratapi keadaan yang belum pasti, pagi ini saya putuskan untuk berburu bonsai saja. Saya kembali ke tempat dimana saya berburu gulo gumantung beberapa waktu lampau, kebetulan cuaca sedikit mendung, jadi adem. Tapi sesampainya di sana, rupanya si gulo yang tersisa sedang terendam air sisa hujan deras semalam, batallah agenda pagi ini.

Galau kata pasukan alay, saya memutuskan untuk jalan jalan saja, berjalan ke arah deretan tukang tanaman di daerah dekat rumah. Sambil ngegas perlahan, mata celingak celinguk melihat deretan tanaman yang dijajakan sepinggir jalan. Dan rem saya berdecit mendadak di salah satu lapak. Mata saya tertuju pada salah satu tanaman yang tak asing, beringin karet korea yang nangkring di pilar kecil menggoda iman saya.

Tanpa ba bi bu, saya merapat dan melakukan tawar menawar yang cukup sengit, hehehe, tarik ulur, pura pura culun dan pasang tampang bokek, rupanya meluluhkan hati abang tukang tanaman, dan saya bisa membawa pulang ficus green island var crassifolia ini dengan harga separuh dari penawaran awal, yang jelas cukup ekonomis dengan kantong karyawan ngirit seperti saya, hahaha.

Dan tak cuma itu, mata saya terpaku pada sosok jangkung ramping tak terurus, yang mojok dekat tiang listrik, kondisi polybag nya sudah tak berbentuk, terdobrak akarnya yang menghujam tanah, satu tanaman berbuah bulat kecil ukuran kelereng merah keunguan, yang familiar tapi saya kurang tahu namanya, setahu saya bisa dibonsai, saya angkut pulang juga. Lagi lagi dengan harga yang damai. Si abang bilang namanya pohon rendang ( kaya masakan padang hehe ), tapi teman bilang ini lobi lobi. Tapi kok saya sangsi, ini bukan lobi lobi ( flacourtia inermis ), tapi sabodo teuing lah, yang penting hari ini pulang berburu tidak dengan tangan kosong, walaupun mengurangi jatah jajan, hehehe.

Monggo di pantengin foto mentahnya sebelum saya obrak abrik di kemudian hari.





Dan ini tanaman satunya, mohon informasinya ya kalo ada sobat yang tahu spesies ini





perbandingan buah

daun

8 komentar:

  1. Halo om Ariyanto, salam kenal..:-) Ijin menyimak dan belajar ya.

    Riki
    Serpong

    BalasHapus
  2. salam sobat riki, silahkan disimak, mohon koreksinya kalo ada kesalahan, kita belajar sama sama ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. itu namanya tanaman sianchi

      Hapus
  3. makasih sobat atas masukannya, tapi saya kurang sependapat, itu bukan sianci, saya sangat familiar dengan sianci, kebetulan juga saya punya beberapa bakalannya, silahkan sobat bandingkan dengan posting sianci http://bonsaiar41.blogspot.com/2012/06/sianci.html

    Btw, terima kasih atas kontribusinya, salam

    BalasHapus
  4. Jatnika Ramanansyah23 Januari 2014 22.38

    oh itu pohon krendang mas... dulunya pohon itu banyak sekali di jakarta... malah ada yang bilang itu pohon asli betawi... kalo boleh saya terka, buahnya jika sudah tua berwarna hitam. kalo iya berarti itu pohon krendang. kalo sianci itu mirip sekali dengan ciremai atau dewandaru buahnya... maap kalo salah.... sekedar berbagi aja.... :)

    BalasHapus
  5. Jatnika Ramanansyah23 Januari 2014 22.43

    ups kelupaan... pohon krendang juga sudah langka mas... tapi saya sih yakinnya itu pohon krendang..... tetangga saya di bogor punya pohonya sudah besar.....

    BalasHapus
    Balasan
    1. makasih banget info nya mas, makasih sudah mampir, sukses selalu

      Hapus
  6. Daunnya mirip santigi...
    Maaf klo salah..hehe

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...