Rabu, 02 Januari 2013

Catatan berburu bonsai : Loa extra large

Hari libur, dengan cuaca yang sedikit agak mendung, adem sepoi sepoi, mantap, langsung saya kemas peralatan tempur secukupnya. Tak lupa saya ajak "asisten" yang mana adalah saudara saya yang kebetulan sedang menganggur, segera beranjak menyusuri tepian kali cisadane.

Pucuk dicinta ulam tiba, tak lama mencari, kami tiba di sebuah kebun pisang, yang ditanam oleh penduduk setempat, kebetulan si empunya lahan sedang iseng bakar sampah, saya dan saudara saya pun menghampiri dan minta ijin untuk menggali bonggol bonggol loa di sekitar kebun, dan bahkan beliau dengan antusias memberi kami ijin serta menunjukkan spot spot bonggol loa yang secara rutin beliau tebang sehingga tetap kerdil.

Beliau menunjuk pada sebongkah bonggol yang lumayan besar, mata kami pun berbinar, pandangan pertama, loa ini tampak gemuk dan pendek, dengan bagian bawah berlubang, tanpa menunggu lama, kami pun mulai menggali dengan semangat 45.






Tetapi, ternyata kami tertipu, karena bonggol yang terlihat kate di permukaan tanah ini hanya bagian atasnya saja, makin digali, makin tampak batang utamanya yang berada dalam posisi rebah, miring tertimbun tanah.


Kepalang basah, apalagi hujan mulai turun, membuat penggalian makin terasa berat. Badan sudah belepotan lumpur, mau ditinggal juga tanggung, akhirnya kami putuskan untuk terus menggali, dan akhirnya, setelah kurang lebih dua jam, si loa bongsor ini menyerah kalah.






Kami pun menggotong si bongsor dengan susah payah, menanjak melewati jalanan tanah yang becek dan licin akibat guyuran hujan. Kami membawa pulang si bongsor ini dengan penuh sukacita dan tertawa geli. Betapa repot nya membawa pulang si bongsor dengan menggunakan sepeda motor, hujan hujanan, diiringi tatapan mata heran orang orang yang sedang berteduh di pinggir jalan. Hahahaha.....super nekat dan niat bener.

Semoga si bongsor cepat sehat, dan nantikan cerita lanjutan dari si bongsor pada catatan berikutnya.


8 komentar:

  1. salut gan, walau dah tau batang utama "merebah" tapi masih nekat gali entah apa ente mang ada ide model bonsai yg diinginkan atau kepalang tanggung menggalinya. lanjut gan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. haha, thanks gan, lebih tepatnya udah kepalang tanggung galinya, hehe.....soal ide model bonsai mah belakangan, yang penting si bongsor sehat dulu. trims udah mampir, sukses selalu

      Hapus
  2. Cieee...ada saingan niih... loa kesayanganku.... Mantap Mas tu sibongsor....

    BalasHapus
    Balasan
    1. eiits, kang usep nongol lagi, yupp, pengen nyaingin loa kang usep nih, hahaha, kirim2 dong info loa nya,..penasaran nih ama story nya

      Hapus
  3. salam kenal bro sy juga penggemar berrat bonsai, tapi masih pemula...sohib. tiris probolinggo jatim. 082337061889

    BalasHapus
    Balasan
    1. salam kenal juga bro, saya lebih pemula lagi, hehehe

      Hapus
  4. Salam Kenal Mas Bro....aku Pemula banget dengan bonsai. Aku dari Duri Riau kalau boleh tau loa apakah sejenis beringin juga.

    BalasHapus
    Balasan
    1. salam amaasbro, iya betul, loa masih sekeluarga dengan ficus ficus yang laennya ilmiahnya ficus racemosa

      makasih sudah mampir, sukses selalu

      Hapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...