Senin, 10 Desember 2012

Iseng iseng cangkok loa

Kehabisan stok babon untuk di kerjain, saya lihat bakalan loa yang sudah merimbun terlihat membuat sumpek pekarangan, dipangkas sayang, akhirnya saya putuskan untuk mencangkoknya, lumayan lah, buat stok babon di masa yang akan datang, sekalian praktek ilmu membentuk perakaran yang saya dapat dari hasil berselancar di dunia maya.

Berikut adalah trik mencangkoknya, dengan menggunakan gelas bekas air mineral, dan menggunakan media tanam campuran sekam dan pasir malang halus














akar serabut tumbuh subur setelah dua mingguan



cangkokan pertama

cangkokan kedua

Untuk menghasilkan batang utama bagian bawah yang bengkak alias menggembung di masa yang akan datang datang, saya membelah dasar cangkokan menjadi empat, lalu menyisipkan kerikil kecil agar batang bawah sedikit terganjal hingga terbelah sedikit, dan seiring waktu nanti, lukanya akan sembuh tapi membuat melar bagian batang bawahnya.

belah bagian dasar cangkokan


kerikil kecil sebagai pengganjal
Langkah terakhir, untuk menghasilkan perakaran yang radial alias rata mengitari batang utama, saya menggunakan compact disc bekas, dengan cara menyisipkan bagian bawah batang ke lubang CD, lalu menyusun akar sedemikian rupa, selanjutnya, timbun perakaran menggunakan media tanam.




Sampai titik ini, yang hanya bisa kita lakukan hanyalah menunggu, biarkan loa loa kecil ini menikmati kehidupan barunya, dan semoga hasilnya memuaskan di masa yang akan datang.....wassalam


5 komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...