Senin, 18 Juni 2012

Arti istilah Bonsai Yamadori












Yamadori adalah istilah bonsai dari bahasa jepang, jika diterjemahkan secara umum berarti koleksi tanaman dari pegunungan, pohon bonsai dikumpulkan dari alam yang secara alami terhambat pertumbuhannya oleh berbagai kondisi alam yang tidak bersahabat, misalnya  :

Iklim yang ekstrem
Kekurangan nutrisi akibat kondisi tanah yang minim
Terkena paparan sinar ultra violet yang tinggi
Abrasi dari pasir yang terus menerus menggerus percabangan akibat angin yang extrem
Berada di daerah penggembalaan hewan, dan lain lain

Karena berbagai efek di atas itulah yang menyebabkan pohon dewasa tumbuh lebih kerdil dari pohon se usianya,dan untuk menemukan karakter pohon kerdil seperti itu sangat jarang dan susah, hanya sebagian kecil dari area pegunungan yang memungkinkan hal ini dapat terjadi.

Menemukan karakter pohon kerdil seperti ini adalah tugas pertama dari pemburu bonsai, selanjutnya adalah menggalinya secara hati hati, dan memindahkan pohon pohon tersebut ke dalam pot.

Mempunyai dan membentuk bonsai yamadori adalah kepuasan lebih bagi bonsaist sejati, karena prosesnya yang relatif lebih susah dan panjang, tapi semua akan terbayar lunas jika tunas tunas baru mulai bermunculan, dan setelah minimal 12 bulan, bonsai yamadori sudah siap untuk proses styling.


6 komentar:

  1. ini bisa ditaruh dalam rumah yah, meski tanpa terkena cahaya matahari langsung?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Secara alami, tanaman perlu sinar matahari untuk proses fotosintesa, jadi walau bisa ditempatkan di dalam ruangan, tetap saja harus mendapat cukup sinar matahari, hal ini bisa disiasati dengan menaruh bonsai di dekat jendela, atau secara berkala menjemurnya di luar ruangan.

      Ada pula teknik display bonsai indoor, tetapi tetap saja menggunakan lampu dengan spektrum cahaya yang dirancang khusus untuk menyerupai cara kerja sinar matahari, dan memerlukan perlakuan yang spesial pula, beberapa jenis tanaman bonsai bisa tumbuh baik dengan teknik ini.

      Hapus
  2. Sangat membantu skali, ditempat saya tak ada tempat untuk berbagi pengalaman. Saya cuma belajar dr buku dan saya mengekspresikannya.thanks

    BalasHapus
    Balasan
    1. senang rasanya bisa membantu sobat, itulah tujuan saya berbagi dalam blog yang masih jauh dari sempurna ini, teruslah belajar dan berekspresi sobatku zanni, sukses selalu

      Hapus
  3. Saya suka tanaman & bonsai sudah sejak lama' tp sy gk bisa bikin / ngebentuk bonsai, boleh bisa gk klo sy blajar dri mas AR / tnya2 seputar tanaman &bonsai? Trims sblmnya (indra - bandar lampung)

    BalasHapus
  4. Saya mau blajar bonsai sama mas AR boleh gk?

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...