Senin, 09 Juli 2012

Mini Green house abal abal DIY

Saat berselancar di internet, kebetulan saya membaca artikel tentang green house, yang sekarang banyak di aplikasikan pada sistem pertanian di negara kita. Dan proses berselancar saya berlanjut pada mini green house yang ternyata sudah banyak di jual baik secara online maupun offline. Bentuk nya pun bermacam macam, dari yang model rak hingga model portabel, tetapi harganya itu lho, lumayan mahal buat ukuran kantong saya, hehe, " daripada beli green house portabel, mending buat beli babon bonsai aje sob", begitulah bisikan setan imut berbuntut merah nan cebol di pundak kiri saya :p

Keesokan harinya, kebetulan hari libur saya, bosan tak ada kegiatan, mata saya tertuju pada sebuah kotak berkawat ram bekas kandang kelinci yang sudah almarhum milik keponakan saya yang teronggok di pojokan halaman belakang rumah, dan kebetulan pula, adik saya berbisnis laundry kiloan, tentunya, banyak sekali plastik transparan yang sudah tidak terpakai yang juga di tumpuk dekat bekas kandang kelinci itu.

" TRRRIIIING "....lampu teplok dalam otak pelit saya bercahaya terang, dan jiwa Mc Gyver saya pun langsung bergejolak hebat tanda terisi ide cemerlang,..hahaha, ( lebay mode on kata pasukan alay :D ).

Lanjuut sob, saya langsung siapkan alat tempur berupa gergaji, paku, martil dan kawan kawan, tak lupa secangkir kopi panas, dan sebungkus rokok, biar lebih afdhol. Mulailah saya mulai sedikit memodifikasi kandang, memberi sekat supaya menjadi dua tingkat, memasang plastik transparan, bla...bla....bla...bla...dan, silahkan sobat sekalian lihat gambar gambar hasil kerajinan tangan saya, yang layak untuk dicaci dan dicela ini...hehe.

Saya belum tahu apakah green house abal abal saya ini ber efek bagus untuk bibit bibit tanaman saya, karena ini adalah rangkaian pertama dari ujicoba saya, mungkin suatu saat nanti, saya akan memberikan laporan terbaru mengenai hasil trial ini, tapi satu hal yang ingin saya tekankan adalah, teruslah menanam, hijaukan negeri ini, dan tetaplah jaga spirit DIY alias Do It Yourself, demi menjaga kemurnian idealisme, dan tentunya menjaga isi kantong tetap stabil.....haalaaah

wassalam.

Inspirasi mini green house pertama
Inspirasi mini green house kedua

eng...ing.....eeeng....inilah hasilnya

tampak depan

penampakan bagian dalam, bagian bawah tidak ditutup plastik untuk ventilasi udara.

tampak samping

penumpang kloter pertama, berupa bibit hasil stek loa dan sancang.

5 komentar:

  1. wah, kreatif.., bisa dicoba nih.., thx

    BalasHapus
    Balasan
    1. alhamdulillah udah meng inspirasi, lanjut sob, bikin yang bagus ya

      Hapus
  2. top markotop....!!!!, joss banget idenya mas.... makasih udah bagi2 ilmunya...

    BalasHapus
  3. Keren nih...minta buatkan ke suamiku ahhh... Trims idenya :)

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...